Selasa, 07 September 2010

tempat-tempat yang menakjubkan (part 2)

Kali ini saya akan membahas lagi tempat-tempat yang menakjubkan di bumi kita tercinta ini. Kalau sebelumnya sudah dibahas 4 tempat yang (menurut saya) menakjubkan, sekarang saya lanjutkan dengan 4 tempat lain yang tidak kalah menakjubkannya . . . Seperti apa sih tempat-tempat itu?? check this out . .



                                                                          1.  Eye of Sahara
Tempat yang satu ini terletak di bagian Baratdaya dari Gurun Sahara. Tepatnya di Mauritania, Afrika. Eye of Sahara mempunyai diameter 30 mil (sekitar 48 km) dan dapat dilihat dengan mata telanjang dari angkasa. Banyak yang memprediksi bahwa Eye of Sahara ini terbentuk akibat dari benturan meteorit. Namun saat ini, banyak  geologis yang mempercayai bahwa tempat ini terbentuk akibat dari erosi dan pengangkatan kerak bumi. Jadi belum ada yang bisa memastikan penyebab pasti dari pembentukan the eye of sahara ini.

Atau jangan-jangan akibat dari adanya  piramid yang tenggelam seperti di film the mummy itu ya?? hmm,.. ngayal.. hehe







2.  Great Blue Hole 
Tempat ini merupakan bagian dari sistem Lighthouse Reef. The Great Blue Hole terletak sekitar 60 mil dari daratan Belize City. Lubang besar ini hampir memilik bentuk lingkaran sempurna dengan diameter sekitar seperempat mil (0,4 km). Tempat ini merupakan salah satu tempat menyelam yang paling mengejutkan yang akan ditemukan dibandingkan tempat manapun di bumi ini. Di dalam lubang ini, kedalaman airnya adalah 480 kaki (145 m) dan hal inilah yang menyebabkan warna biru tua yang beda dari tempat sekitarnya. Karena itu, maka tempat ini dikenal sebagai "Great blue hole".

Mungkin kalau melihat gambar di atas, maka para 'Mancing mania' akan membayangkan untuk duduk di pinggiran lubang,  kemudian  menyiapkan kail serta umpan dan berharap akan dapat ikan sebanyak-banyaknya. hehehe..


3. The wave
Batu bergelombang yang berwarna merah ini terletak di perbatasan Arizona dan Utah. The Wave terbuat dari bukit-pasir yang berusia jutaan tahun dan telah telah berubah menjadi batu kemerahan. Tempat ini hanya dapat diakses dengan berjalan kaki dan pendakian bukit sejauh tiga mil.

info : salah satu Wallpaper pada theme Landscape di Windows 7 juga menggunakan lokasi ini untuk pengambilan gambarnya. Cek aja..












4. Chocolate Hills
Bukit Teletubies, itu yang ada dalam benak saya untuk menyebut tempat ini. Tempat ini memang mirip dengan bukit yang ada di serial teletubies itu, namanya aslinya adalah Chocolate hills.
Chocolate hills terletak di Bohol, Filipina. Tempat ini terdiri dari sekitar 1.268 bukit-bukit berbentuk kerucut yang menyebar dengan ukuran yang relatif sama dengan luas lebih dari 50 kilometer persegi. Formasi geologi yang tidak umum ini menyebabkan banyak hipotesis muncul dari para ahli.  Sejumlah hipotesis itu antara lain adalah akibat gejala vulkanisme sub-laut. Ada teori yang lebih baru yang menyatakan bahwa pembentukan tempat ini adalah akibat dari sebuah gunung berapi aktif kuno yang meletus dan memuntahkan material batu besar  yang kemudian tertutup oleh batuan kapur.


bersambung . . .  =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar